cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Agora
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Economy,
Arjuna Subject : -
Articles 109 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 1 (2016): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis" : 109 Documents clear
EVALUASI DAN PERANCANGAN MODEL BISNIS PADA PT. SARANA WARNA MEGAH Kevin Djap
Agora Vol 4, No 1 (2016): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis
Publisher : Agora

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (253.89 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model bisnis yang digunakan oleh perusahaan, mengevaluasi dan merancang model bisnis baru perusahaan berdasarkan business model canvas. Jenis penelitian adalah kualitatif dan teknik pengumpulan data adalah wawancara semi terstruktur. Dari penelitian tersebut, ditemukan bahwa PT Sarana Warna Megah perlu melakukan perubahanpada elemen customer segments, perusahaan perlu menambah pelanggan baru yaitu kontraktor dalam skala besar dan supermarket. Pada value propositions, perusahaan dapat menambahkan fitur cat anti bau, cat eco-friendly, serta fitur-fitur lainnya. Perusahaan juga menciptakan newness dalam produk berupa warna yang kilap, mampu menyala dalam gelap, dan lain-lain. Perusahaan juga dapat menciptakan produk dan jasa baru seperti produk pendukung cat yaitu penghapus cat tembok, kuas, dan jasa konsultasi pengecatan. Pada channel, perusahaan menambah armada transportasi untuk efektivitas pengiriman. Perusahaan juga perlu melakukan promosi menggunakan internet dan aplikasi smartphone. Selain itu, perusahaan perlu menambah saluran distribusi dengan membuka web store. Pada customer relationships, perusahaan membutuhkan dedicating personal assistance untuk melayani lebih baik pelanggan perusahaan terutama kontraktor skala besar dan supermarket. Aktivitas customer relationships lainnya adalah memberikan hadiah bagi konsumen dalam rangka mempererat hubungan. Perusahaan juga perlu meningkatkan customer follow-up dengan mempertinggi intensitas hubungan. Pada revenue streams, perusahaan menambah sumber pendapatan dari produk pendukung cat, jasa konsultasi, dan penjualan kepada patner. Pada key resources, perusahaan menambahkan teknologi IT untuk mendukung aktivitas web sales dan aktivitas IT lainnya. Pada key activities, perusahaan menambah aktivitas R&D untuk pengembangan serta menambah aktivitas network yaitu IT. Perusahaan juga perlu standarisasi aktivitas dengan mengikutkan diri kepada badan-badan standar yang telah ada seperti SNI dan ISO. Pada key partnerships, perusahan perlu berpatner dengan advertising untuk membantu perusahaan menjangkau konsumen dengan channel patner. Perusahaan juga perlu menambah jumlah patner sebagai opsi perusahaan dalam efisiensi. Pada cost structure, perusahaan menambah biaya IT, R&D, dan promosi. Penambahan biaya dikarenakan untuk mendukung aktivitas-aktivtas lainnya.
IMPLEMENTASI PERENCANAAN SUKSESI DAN GAYA KEPEMIMPINAN PADA PERUSAHAAN PERCETAKAN Eric Wiyono Setiawan
Agora Vol 4, No 1 (2016): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis
Publisher : Agora

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (336.727 KB)

Abstract

Suksesi merupakan suatu keputusan yang dibuat dalam bisnis keluarga untuk mempersiapkan suksesor yang baik dengan cara terstruktur, tidak hanya baik saja akan tetapi juga dapat mempertahankan perusahaan untuk lebih maju.Penelitian ini membahas tentang perencanaan suksesi yang merupakan suatu bentuk proses yang membentuk generasi penerus. Perencanaan suksesi dapat mengembangkan calon suksesor untuk mendapatkan kepemimpinan keluarga yang kompeten dan sebagai pengalihan bisnis dari incumbent dan gaya kepemimpinan yang meupakan cara yang digunakan pemimpin dalam mempengaruhi perilaku orang lain atau bawahan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan suksesi pada perusahaan keluarga subjek penelitian dan mendeskripsikan gaya kepemimpinan incumbent pada perusahaan keluarga subjek penelitian. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara semiterstruktur. Setelah mendapatkan data maka akan melakukan uji keabsahan data dengan metode triangulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa implementasi perencanaan suksesi masih belum dijalankan seluruhnya dan gaya kepemimpinan yang diterapkan di dalam perusahaan yaitu gaya kepemimpinan suportif dan gaya kepemimpinan orientasi prestasi.
FORMULASI BUSINESS MODEL CANVAS PADA SIFU PUDDING CREAM JAKARTA Aditya chandra
Agora Vol 4, No 1 (2016): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis
Publisher : Agora

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (482.084 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui business model canvas saat ini dan membuat business model canvas yang lebih baik pada Sifu Pudding Cream yang bergerak di bisnis dessert atau makanan penutup. Pada customer segements Sifu Pudding Cream termasuk ke dalam tipe niche market. Dalam elemen value propositions dapat ditambahkan brand image perusahaan sebagai homemade pudding dan halal. Pada elemen channel diketahui bahwa Sifu Pudding Cream hanya menerapkan channel melalui sistem telepon dan pemesanan online. Elemen customer relationships pada Sifu Pudding Cream dapat ditambahkan automated services, self services dimana pelanggan dapat memberikan masukan kritik dan saran langsung kepada karyawan atau pemilik melalui website. Pada elemen key resources diketahui, bahwa sumber daya Sifu Pudding Cream terdiri dari sumber daya fisik, sumber daya manusia, intelektual dan keuangan. Sumber daya utama yang difokuskan Sifu Pudding Cream untuk kedepannya adalah penambahan aset fisik berupa toko fisik dan genset. Pada elemen key activities, aktivitas yang ditambahkan adalah inventory control dan menjaga product consistency. Dalam elemen key partnerships dapat ditambahkan kurir makanan dan supplier baru untuk produk-produk Sifu Pudding Cream yang baru. Elemen revenue streams Sifu Pudding Cream diketahui bahwa pendapatan bersumber dari satu arus pendapatan dan dapat ditambahkan upaya penambahan arus pendapatan dari pengadaan kelas membuat pudding untuk anak-anak dapat memberikan pemasukan dari subscription fee per bulan serta asset sales dari penjualan bahan yang digunakan murid. Elemen cost structure termasuk ke dalam value driven dengan biaya pengeluaran yang terbagi atas fixed cost dan variable cost.
FORMULASI STRATEGI BISNIS PADA PT. DUTA WARU KENCANA DENGAN PENDEKATAN SWOT ANALYSIS Henry Gunawan
Agora Vol 4, No 1 (2016): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis
Publisher : Agora

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (204.721 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi bisnis pada PT. Duta Waru Kencana dengan pendekatan SWOT Analysis di Waru. Pengumpulan data dilakukan melalui metode kualitatif dengan wawancara terhadap pihak internal PT. Duta Waru Kencana. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Metode analisis yang digunakan adalah uji reliabilitas data.Penjabaran lingkungan internal menggunakan analisis divisi antar perusahaan yaitu pemasaran, keuangan, produksi, dan sistem informasi manajemen. Analisis lingkungan eksternal menggunakan Porter Five Forces dan lingkungan jauh yang terdiri dari ekonomi, sosial, teknologi, dan ekologi. Selanjutnya dianalisis dengan menggunakan matrik SWOT yang nantinya dapat merumuskan beberapa alternatif strategi bagi perusahaan. Akhirnya strategi pengembangan bisnis disusun berdasarkan strategi generik porter. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa strategi pengembangan bisnis yang paling tepat bagi perusahaan adalah strategi kepemimpinan berbiaya rendah.
STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA PADA POPULER BAKERY DI SIDOARJO Theodorus Indra Dwikurnia
Agora Vol 4, No 1 (2016): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis
Publisher : Agora

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (405.426 KB)

Abstract

Analisa terhadap faktor lingkungan internal dan eksternal pada suatu usaha berguna untuk mengetahui kekuatan kelemahan, peluang dan ancaman. Sehingga dapat diketahui hal-hal yang mempengaruhi dalam pengembangan suatu usaha. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa lingkungan internal dan eksternal yang mempengaruhi usaha Populer Bakery. Strategi alternative disusun melalui analisa SWOT yaitu Matrix SWOT. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif studi kasus. Dari hasil penelitian, Populer Bakery memiliki beberapa kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang saling berkaitan. Strategi pengembangan usaha yang dirumuskan berdasarkan hasil analisa SWOT. Strategi yang dapat diterapkan oleh Populer Bakery adalah penetrasi pasar, pengembangan pasar dan pengembangan produk
ANALISA STRATEGI BISNIS PADA PT. BUDI SETIAWAN KARYA UTAMA Abraham P. M. Siregar
Agora Vol 4, No 1 (2016): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis
Publisher : Agora

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (255.644 KB)

Abstract

PT. Budi Setiawan Karya Utama (PT. BSKU) merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang kontraktor perkapalan khususnya dalam bidang perpipaan dan pendingin. Pada perusahaan ini sendiri, permasalahan yang dihadapi adalah permasalahan dalam hal pengeluaran dana yang tidak efektif dikarenakan keterlambatan material dari main contractor, sehingga para pekerja tidak dapat bekerja secara maksimal. Dan hal itu memberikan dampak yang buruk bagi keuangan perusahaan. Dari permasalahan tersebut penelitian ini bertujuan untuk mendekripsikan kinerja usaha pada PT. BSKU, menganalisa lingkungan internal dan eksternal pada PT. BSKU dan menyusun rencana startegi pengembangan bisnis pada PT. BSKU. Peneliti akan menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara. Untuk menguji kredibilitas data, maka penelitian ini menggunakan teknik triangulasi. Data-data yang telah diuji kredibilitasnya dengan teknik triangulasi sumber data, kemudian dianalisis secara deskriptif dari hasil analisis data, disimpulkan bahwa hasil analisis dengan matriks SWOT memberikan alternatif strategi yang dapat diterapkan yaitu strategi kepemimpinan berbiaya rendah. Strategi ini bertujuan untuk meningkatkan keuntungan dengan cara meminimalisir segala pengeluaran biaya pada saat pengerjaan proyek berupa biaya material, sumber daya manusia, biaya tak terduga, dan lain-lain. Diharapkan dengan biaya pengerjaan yang dikeluarkan jauh lebih kecil dibandingkan dengan dana yang telah disediakan akan tetapi tetap dengan kualitas yang sesuai dengan permintaan.
STUDI DESKRIPTIF PROSES REKRUTMEN, SELEKSI, DAN PENEMPATAN KARYAWAN PADA PT. INDAH JAYA PERKASA Hans Kristianto Wong
Agora Vol 4, No 1 (2016): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis
Publisher : Agora

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (177.864 KB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data dengan cara wawancara semiterstruktur. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data berupa purposive sampling dengan memilih empat informan dari pihak perusahaan untuk mengumpulkan data yang dapat digunakan untuk menyelesaikan penelitian ini. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses rekrutmen, seleksi, dan penempatan di PT. Indah Jaya Perkasa sudah dilakukan dengan baik. Rekrutmen yang dilakukan melalui sumber eksternal media massa serta referensi dari karyawan yang sudah bekerja lama. Kendala yang dihadapi oleh perusahaan ini adalah pada proses tes kerja yang dilakukan oeh karyawan senior biasanya tidak berjalan dengan lancar di bagian teknisi pencetakan plastik agar bisa menghasilkan produk dengan ukuran yang tepat. Dalam melakukan penempatan, perusahaan mengutamakan kecocokan antara orang – pekerjaan agar karyawan bisa bekerja dengan maksimal.
PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) PADA PT FIRST MARCHINERY TRADECO CABANG SURABAYA Rudi Gunawan
Agora Vol 4, No 1 (2016): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis
Publisher : Agora

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (216.031 KB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan transformasional terhadap organizational citizenship behavior. Tujuannya adalah untuk memberikan kon-tribusi untuk penelitian akademik maupun bisnis, sehingga mengetahui cara untuk memak¬si¬mal¬kan kepemimpinan transformasional. Teknik analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode analisis regresi linier berganda, metode ini digunakan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan variabel. Sampel yang digunakan berjumlah 62 orang karyawan PT First Marchinery Tradeco Cabang Surabaya. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi liner sederhana. Hasil penelitian terdapat hubungan positif yang kuat antara kepemimpinan transformasional terhadap organizational citizenship behavior.
NILAI DAN GAYA KEPEMIMPINAN CALON SUKSESOR PADA PERUSAHAAN OTOBUS DI JAWA TENGAH Veni Medyawati
Agora Vol 4, No 1 (2016): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis
Publisher : Agora

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (203.71 KB)

Abstract

Bisnis keluarga memiliki peran yang sangat penting dalam perekonomian suatu negara. Dalam bisnis keluarga dibutuhkan sosok calon suksesor yang dapat diandalkan dan mampu memimpin perusahaan. Tanpa adanya calon suksesor bisnis keluarga tidak dapat bertahan. Oleh karena itu dibutuhkan nilai dan gaya kepemimpinan calon suksesor agar bisnis keluarga dapat bertahan. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah mendeskipsikan nilai-nilai kepemimpinan yang akan diterapkan oleh calon suksesor pada perusahaan otobus serta untuk mendeskripsikan gaya kepemimpinan yang akan diterapkan oleh calon suksesor pada perusahaan otobus. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara semi terstruktur. Dalam menetapkan narasumber, peneliti menggunakan teknik purposive sampling. Uji validitas menggunakan triangulasi sumber. Dari hasil penelitian ini bahwa calon suksesor di perusahaan otobus memiliki nilai-nilai kepemimpinan yang diterapkan di perusahaan dan penerapan gaya kepemimpinan calon suksesor perusahaan otobus bersifat demokratis
ANALISIS REKRUTMEN DAN SELEKSI KARYAWAN PADA PERUSAHAAN BIHUN CAHAYA TIGA TUNGGAL William Santosa Halim
Agora Vol 4, No 1 (2016): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis
Publisher : Agora

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (211.22 KB)

Abstract

Di era globalisasi seperti sekarang ini, perkembangan dan persaingan industri berlangsung secara ketat. Sumber daya manusia menjadi salah satu faktor penting dalam pekembangan perusahaan oleh karena itu perusahaan harus memperhatikan proses rekrutmen dan seleksi karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa proses perekrutan dan seleksi sumber daya manusia pada Perusahaan Bihun Cahaya Tiga Tunggal. Pemilik, kepala personalia dan karyawan perusahaan merupakan informan dalam penelitian ini. Untuk mendeskripsikan proses tersebut dilakukan wawancara semi terstruktur kepada informan. Dari proses wawancara tersebut akan dibuat deskripsi serta analisa kedua proses tersebut. Dari hasil analisa yang didapat, proses perekrutan karyawan yang terjadi di perusahaan melalui media internet, media massa seperti koran dan referensi karyawan yang ada di perusahaan. Setelah direkrut, karyawan akan diseleksi dengan menggunakan dua metode yaitu metode wawancara dan tes tertulis. Setelah diterima bekerja di perusahaan, karyawan akan dilatih dengan menggunakan metode pelatihan sambil bekerja.

Page 1 of 11 | Total Record : 109


Filter by Year

2016 2016


Filter By Issues
All Issue Vol 10, No 2 (2022): Agora, Jurnal Mahasiswa Business Management Vol 10, No 1 (2022): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis Vol 9, No 2 (2021): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis Vol 9, No 1 (2021): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis Vol 8, No 2 (2020): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis Vol 8, No 1 (2020): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis Vol 7, No 2 (2019): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis Vol 7, No 2 (2019): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis Vol 7, No 1 (2019): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis Vol 7, No 1 (2019): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis Vol 6, No 2 (2018): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis Vol 6, No 1 (2018): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis Vol 5, No 2 (2017): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis Vol 5, No 1 (2017): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis Vol 4 (2016): Vol 4, No 1 (2016) Agora, Jurnal Manajemen Bisnis Vol 4, No 2 (2016): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis Vol 4, No 1 (2016): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis Vol 3 (2015): Vol 3, No 2 (2015) Agora, Jurnal Manajemen Bisnis Vol 3, No 2 (2015): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis Vol 3, No 1 (2015): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis Vol 3, No 1 (2015): Agora, Jurnal Manajemen Bisnis Vol 2, No 2 (2014): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis Vol 2, No 2 (2014): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis Vol 2, No 1 (2014): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis Vol 2, No 1 (2014): Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis Vol 1, No 3 (2013): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis Vol 1, No 3 (2013): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis Vol 1, No 2 (2013): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis Vol 1, No 2 (2013): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis Vol 1, No 1 (2013): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis Vol 1, No 1 (2013): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis More Issue